Kamis, 10 Maret 2016

Amm Konveksi : Tips Mengenai Pemilihan serta Perawatan T-Shirt

BY Edy Handoko IN , , , , , , , , , , , , , , , , , , , No comments

Kaos Unik


Pakaian merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia disamping makanan dan perumahan. Saat ini ada banyak sekali jenis pakaian mulai dari pakaian formal hingga pakaian santai. Berbicara mengenai pakaian santai, T-shirt atau yang juga dikenal dengan nama kaos oblong mungkin merupakan salah satu jenis pakaian santai yang paling populer saat ini. Ada berbagai jenis kaos yang bisa anda temukan di pasaran mulai dari kaos polos, kaos bola, hingga kaos berkerah atau yang juga dikenal dengan sebutan polo shirt. Sebelum anda memutuskan untuk membeli kaos, ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui mengenai jenis pakaian yang satu ini mulai dari tips memilih kaos hingga tips perawatan kaos agar tahan lama dan tidak mudah rusak.

Bahan dan Benang Kaos

Hal pertama yang perlu anda ketahui mengenai T-shirt adalah bahan-bahan serta benang yang biasa digunakan dalam pembuatan kaos. Bahan serta benang yang digunakan pada kaos akan menentukan sifat serta kualitas kaos tersebut. Di lain pihak, bahan kaos juga biasanya menentukan harga jual kaos tersebut. Salah satu bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatan kaos adalah katun combed. Bahan ini juga dianggap sebagai bahan terbaik untuk pembuatan kaos dan sudah sering digunakan pada kaos-kaos branded atau kaos bermerk terkenal. Ada dua jenis bahan katun combed yang biasa digunakan untuk pembuatan kaos yaitu katun combed 20’s dan katun combed 30’s. Karakter dari bahan katun combed antara lain adalah serat benang yang lebih halus dan hasil rajutan atau tampilan yang lebih rata. Bahan kaos katun combed juga merupakan pilihan yang tepat untuk kaos sablon karena sifatnya ini. Selain itu, bahan katun combed juga dikenal sejuk dan nyaman dikenakan. Selain bahan katun combed, bahan lain yang biasa digunakan dalam pembuatan kaos antara lain adalah katun carded, TC, CVC, dan polyester atau PE. Sementara itu, jenis benang yang biasa digunakan dalam pembuatan kaos antara lain adalah benang 20’s, benang 24’s, benang 30’s, dan benang 40’s. Jenis benang yang digunakan biasanya dipengaruhi oleh ketebalan bahan kaos tersebut.

Jenis Sablon pada Kaos

Salah satu bagian penting dari T-shirt adalah sablonan atau gambar yang biasa dicetak di atas permukaan kaos dengan menggunakan teknik sablon. Pada dasarnya, ada berbagai jenis bahan sablon serta teknik sablon yang bisa digunakan pada pembuatan kaos. Masing-masing bahan sablon memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Salah satu bahan sablon yang umum digunakan saat ini adalah rubber. Cat rubber dikenal akan karakteristiknya yang dapat menutupi permukaan kaos dengan sempurna. Selain itu, cat rubber juga dianggap lebih tahan lama dibandingkan bahan cat sablon lainnya. Bahan sablon lain yang biasa digunakan dalam proses pembuatan kaos adalah pigmen. Cat ini biasa digunakan pada kaos yang berwarna cerah karena sifatnya yang mudah menyerap ke dalam kain. Plastisol dan cat glow in the dark juga merupakan bahan sablon yang cukup populer akhir-akhir ini. Plastisol adalah cat yang berbahan dasar minyak yang memiliki hasil lebih baik jika dibandingkan cat rubber. Meski demikian, harga cat plastisol sendiri sedikit lebih mahal sehingga ikut mempengaruhi harga kaos yang menggunakan bahan cat ini. Sementara itu, cat glow in the dark memiliki karakteristik dapat memancarkan cahaya dalam gelap. Cat jenis ini bisa berupa cat rubber, pigmen, maupun plastisol.

Tips Memilih Kaos

Setelah mengetahui bahan serta jenis-jenis sablon pada T-shirt, hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah trik-trik memilih kaos yang sesuai dengan kebutuhan anda. Hal pertama yang perlu anda pertimbangkan adalah model kaos tersebut. Beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan saat memilih model kaos antara lain adalah potongan leher, panjang bahu, panjang lengan, serta panjang kaos itu sendiri. Potongan leher kaos bisa beraneka ragam mulai dari bulat sampai potongan v-neck. Panjang lengan kaosjuga bervariasi mulai dari setengah lengan atas sampai tujuh per delapan. Selain model kaos, hal lain yang perlu anda perhatikan adalah ukuran kaos secara keseluruhan. Bahan kaos juga merupakan hal yang perlu anda pertimbangkan. Selain itu, warna kaos serta desain sablonan pada kaos juga merupakan hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan pada saat memilih kaos.

Tips Merawat Kaos

Seperti halnya jenis pakaian yang lain, perawatan T-shirt adalah hal yang sangat penting untuk anda perhatikan. Perawatan kaos, terutama pada proses pencucian dan penjemuran akan mempengaruhi kualitaskaos tersebut. Jika anda merendam kaos sebelum mencuci, pastikan anda tidak merendam kaos tersebut terlalu lama. Hindari juga penggunaan detergen yang berlebihan pada saat perendaman karena hal ini dapat merusak warna serta sablon pada kaos tersebut. Pada saat mencuci, pastikan anda memisahkan kaosyang anda cuci berdasarkan warnanya. Hal ini untuk menghindari resiko luntur yang dapat merusak warna pada kaos lain. Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan pada saat mencuci kaos adalah jangan menyikat kaos anda karena hal ini dapat merusak kain serta sablon yang ada pada kaos

Demikian Tips Mengenai Pemilihan serta Perawatan Kaos (T-Shirt) Semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar