Kamis, 10 Maret 2016

Amm Konveksi : Tips Memilih Busana Sesuai Bentuk Tubuh Wanita

BY Edy Handoko IN , , No comments

diambil dari google. hanya contoh.

Tentu saja para wanita selalu ingin tampil menarik di berbagai kesempatan kan? Para wanita mau terlihat langsing dan tetap menarik tanpa harus susah payah berdiet? Nah, kalian bisa mencoba memperbaiki cara penampilan Anda agar tubuh terlihat lebih langsing dan indah serta tetap menarik. Salah satu cara yang harus Anda perhatikan ketika berpakaian agar tubuh terlihat langsing dan selalu menarik adalah kesesuaian busana yang akan digunakan dengan bentuk tubuh yang Anda miliki.
Sebelum memilih pakaian yang akan anda gunakan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain bentuk tubuh, warna yang cocok, usia, dan style Anda. Biasanya, Anda semua sudah jago dalam menentukan busana yang tepat untuk Anda berdasarkan warna, usia dan style pribadi Anda, namun seringkali bentuk tubuh Anda kurang diperhatikan sehingga membuat tubuh terlihat lebih berisi dan gemuk dan akhirnya membuat anda tampak tidak menarik. Pada dasarnya tubuh manusia khususnya perempuan dibedakan menjadi enam tipe bentuk tubuh. Untuk mendapatkan busana yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda, perhatikan hal – hal berikut ini :

1. Bentuk Tubuh Seperti Buah Pir

Bentuk tubuh seperti ini merupakan bentuk tubuh yang lebih dikenal dengan sebutan tubuh buah pir. Pada bentuk ini, bagian pinggul, paha, dan bokong merupakan bagian terbesar daripada bagian tubuh lainnya.

Nah, untuk mendapatkan hasil padu padan yang pas, sebaiknya bagian bawah yang lebih besar ini harus diseimbangkan dengan bagian atas tubuh yang lebih kecil. Seimbangkan bagian bawah tubuh anda yang lebih besar dengan menggunakan busana atau pakaian atasan yang cukup “ramai” dan berwarna lebih cerah, dengan motif – motif yang terlihat “penuh”. Dengan cara ini, dapat membuat perhatian teralihkan pada bagian atas tubuh yang ramping dan bukan di bagian bawah tubuh yang lebih besar.

Pilih dan gunakan baju atasan dengan model kerah yang besar, lengan yang 
besar dan bermodel rumit “heboh” atau dengan tambahan renda lace atau draperi. Baju atasan dengan detail di bagian bahu atau di lengan serta tangan, atau juga atasan 
dengan motif garis horisontal juga dapat membantu menyeimbangkan bentuk tubuh atas 
dan bawah Anda. Rok dengan model basic cut dan juga celana panjang yang slim 
dan bebas dari aneka detail adalah pilihan yang pas untuk kalian yang memiliki bentuk tubuh buah pir ini. Pilihlah bawahan yang paling sederhana dan juga simpel.

Dan hal detail yang harus kalian perhatikan juga adalah, agar bagian bokong 
tak terlihat terlalu besar, hindari celana dengan model tube, pensil, atau pun rok 
model fishtail. Hindari juga model celana atau rok yang terlalu ketat karena bisa mempertegas 
bentuk bokong Anda yang besar. Hindari juga bahan – bahan seperti kulit untuk bawahan 
yang akan Anda gunakan, karena bahan kulit memiliki sifat mengkilap dan juga ketat 
menempel ke tubuh, sehingga akan membuat bagian bawah tubuh semakin menonjol.

2. Bentuk Tubuh Segitiga Terbalik.

Ciri-ciri bentuk tubuh segitiga terbalik ini adalah bahu lebih lebar dibandingkan dengan pinggang, sehingga bahu terlihat lebih kuat dan besar mirip seperti seorang atlet (atlet renang). Tubuh dengan bentuk segitiga terbalik ini nyaris tak memiliki lekuk tubuh.

Tubuh dengan bentuk segitiga terbalik ini seperti tubuh yang maskulin karena bahunya 
yang lebih lebar dan besar, dan cara untuk menyamarkan bentuk tubuh segitiga 
terbalik ini adalah dengan menggunakan baju atasan dengan model clean cut tanpa 
detail apapun terutama pada bagian bahu.

Pilih dan gunakanlah atasan dengan warna-warna yang lembut untuk menghilangkan 
perhatian dari garis bahu yang besar dan lebar ini. Seimbangkan bentuk tubuh segitiga 
terbalik dengan cara bermain di bagian bawahan (rok ataupun celana). Gunakan aneka model bawahan rok A-line atau celana yang bervolume dengan tambahan draperi atau lipatan yang bisa membuat pinggang terlihat lebih besar. Untuk celana panjang sebaiknya gunakan 
celana dengan model regular cut, atau semi boot cut yang agak besar dibagian bawahnya. 
Pilih dan gunakanlah bawahan dengan warna cerah bermotif ramai serta penuh dengan 
detail – detail agar membuat perhatian tertuju seimbang juga ke bagian bawah tubuhmu.

Hindari penggunaan celana yang terlalu ketat, dan juga celana pensil dengan ujung yang mengecil, karena akan membuat tubuh bagian atasmu semakin menonjol besar.

3. Bentuk Tubuh Persegi Panjang.

Bentuk tubuh yang satu ini memiliki karakteristik antara lain, bagian payudara dan pinggul memiliki ukuran yang sama, tidak memiliki garis pinggang yang jelas, tidak memiliki lekuk tubuh yang dalam. Artis-artis yang memiliki bentuk tubuh persegi panjang antara lain adalah Cameron Diaz, Nichole Kidman, dan Hillary Duff.

Pilih dan gunakanlah sebuah coat panjang dengan detail berstruktur geometris yang dipadukan dengan ikat pinggang dapat membuat Anda terlihat lebih berlekuk dan seksi. Jika memiliki ukuran payudara yang kecil, bisa Anda akali dengan menggunakan atasan berleher tinggi. Kuncinya adalah dengan menggunakan busana yang bisa membingkai tubuh dengan busana yang berstruktur tegas. Pilih busana yang simpel dan tak terlalu ramai akan tetapi dapat menyamarkan bentuk tubuh anda dengan sempurna.

Hindari terlalu banyak menggunakan busana dengan detail yang ramai ataupun aksesoris yang terlalu banyak dalam satu paduan busana. Hindari juga menggunakan busana dengan bahan tipis yang dapat membuat bentuk tubuh anda terlihat jelas.

4. Bentuk Tubuh Jam Pasir.

Ciri khas dari bentuk tubuh yang satu ini antara lain adalah ukuran antara pundak dan garis pinggang adalah sama. Selain itu, bentuk tubuh ini juga ditandai dengan bentuk payudara yang penuh, 
garis pinggang atau lekuk tubuh yang tajam, bokong, paha dan pinggul yang penuh dan 
memiliki lekuk yang sempurna. Sebenarnya bentuk tubuh ini merupakan bentuk tubuh 
yang seksi dan diidamkan oleh banyak wanita, akan tetapi jika salah memadu padankan busana 
juga akan membuat kalian malah terlihat penuh semua. Artis- artis yang memiliki bentuk 
tubuh ini antara lain Marylin Monroe, dan Kate Winslet.

Gunakan baju atasan dengan leher yang terbuka dan datar karena bisa membantu menonjolkan bentuk bahu Anda yang indah. Celana boot cut, flare, dan celana berpipa lebar bisa membantu mengurangi sedikit volume bagian bawah tubuh Anda yang besar. Gunakan celana pensil 
ataupun rok A-line bisa membuat tampilan lebih feminin dan menonjolkan bagian kaki yang indah. 
Ikat pinggang juga bisa digunakan untuk membantu menonjolkan lekuk tubuh Anda yang memang sudah sempurna. Bentuk tubuh ini lebih mudah di padu padankan dengan banyak model busana.

Hindari busana yang model lurus (straight) karena bisa menutupi bentuk lekuk tubuh Anda yang indah. Hindari juga model jaket yang terlalu besar karena bisa membuat bagian dada terlihat lebih besar dan membuat tubuh Anda terlihat lebih penuh juga.

5. Bentuk Tubuh Buah Apel.

Ciri – ciri dari bentuk tubuh buah apel ini adalah bentuk tubuh yang membesar pada bagian pinggang saja.

Pilih dan gunakan busana dengan model empire dress (baju dengan tali di bahu) dan juga atasan panjang bisa membantu menyeimbangkan bentuk tubuh Anda. Gunakan busana yang bisa 
membantu membentuk lekuk tubuh Anda dan juga dapat menyamarkan bentuk 
pinggang yang besar. Atau bisa juga dengan mengunakan belt untuk membentuk lekuk tubuh. Jika Anda memiliki tubuh yang tergolong kurus maka sebaiknya gunakan busana yang 
simpel dibagian atas dengan garis leher yang rendah dan juga menonjolkan leher Anda. 
Namun, kunci untuk membentuk porsi tubuh yang ideal bagi pemilik bentuk tubuh apel adalah 
dengan membentuk lekuk pinggang Anda. Untuk si kurus sebaiknya gunakan busana terusan minimalis, agar terlihat langsing(memiliki lekuk tubuh) dan juga membentuk kurva tubuh Anda.

Busana terbaik untuk model tubuh apel ini adalah dengan menggunakan jaket, blazer, 
ataupun coat yang berstruktur dengan leher berbentuk V-neck. Sedangkan rok yang paling baik digunakan adalah rok yang tidak terlalu panjang, dan menonjolkan sedikit bagian betis yang ramping.

Hindari penggunaan busana yang terlalu memiliki terlalu banyak detail di bagian pinggang, 
seperti adanya manik-manik, payet ataupun ikat pinggang yang tipis karena ukurannya bisa 
membuat perbandingan yang jelas dengan pinggang yang lebar sehingga pinggang 
terlihat jadi lebih lebar. Gunakan ikat pinggang yang berukuran cukup besar, atau sedang dan juga dengan model yang simpel.

6. Bentuk Tubuh Besar.

Bentuk tubuh yang satu ini bisa dikategorikan sebagai bentuk tubuh yang besar jika pada bagian perut terlihat sangat besar (membuncit) dan tanpa lekuk tubuh yang jelas. Sehingga jika Anda memiliki bentuk tubuh yang satu ini, sebaiknya fokuskan perhatian Anda untuk memilih busana yang bisa membuat Anda terlihat tinggi, dan langsing.

Pilih dan gunakan aneka busana yang berlekuk pada bagian pinggangnya, dan tidak terlalu longgar ataupun ketat. Dan untuk menghasilkan ilusi tubuh lebih tinggi sebaiknya gunakan busana dengan motif garis vertikal. Gunakan rok dengan model regular cut, dan celana low rise tanpa detail apapun.
Hindari untuk terlalu banyak menggunakan detail yang rumit dan rama pada busana yang Anda kenakan, karena akan membuat tubuh terlihat lebih besar lagi. Selain itu, hindari juga penggunaan busana atau bawahan yang terlalu panjang karena bisa membuat garis pinggang semakin hilang dan tubuh terlihat semakin pendek. Intinya adalah dengan memilih busana dengan ukuran yang pas dengan bentuk tubuh Anda dan juga pilihlah sesimpel mungkin agar tubuh dengan bentuk yang besar tidak semakin menonjol.

Demikian Tips yang kami bisa berikan untuk para wanita dalam memilih busana.

0 komentar:

Posting Komentar